Rabu, 26 November 2014

Soal Essay Perilaku Konsumen Era 2010



1.      Sebutkan contoh perilaku konsumen diera 2000?
Jawab:
Konsumen yang membeli barangnya melalui internet atau online shop, konsumen melihat barangnya melalui gambar yang tersedia websitenya ataupun di facebook twitter dengan memberikan informasi barang tersebut mulai dari harga, kualitas, kegunaan, dan lain-lain.

2.      Sebutkan Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli di era 2000?
Jawab:

a.       Kebudayaan
b.      Kelas social
c.       Kelompok referensi kecil
d.      Keluarga lingkungan inti
e.       Pengalaman
f.       Kepribadian
g.      Sikap dan kepercayaan
h.      Konsep diri

3.      Di era modern saat ini perilaku konsumen sangat kompleks dalam membeli barang adalah…
Jawab:
Membeli berdasarkan kebutuhan dan membeli bukan berdasarkan kebutuhan.

4.      Sebutkan macam-macam situasi pembelian
Jawab:
a.       Perilaku Responsi Rutin
b.      Penyelesaian Masalah Terbatas
c.       Penyelesaian Masalah Ekstensif

5.      Keputusan perilaku konsumen mengambil keputusan tentang merk mana yang akan dibeli. Setiap merk memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk. Disebut…
Jawab:
Keputusan tentang merk




6.      Alasan perilaku konsumen di era globalisasi terhadap pembelian barang terhadap online shop
Jawab:
Karena memberikan informasi barang tersebut mulai dari harga, kualitas, kegunaan, dan lain-lain.

7.      Jelaskan tahap ketika konsumen mengambil keputusan apakah membeli atau tidak
Jawab:
a.       tahap sebelum pembelian : konsumen melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa
b.      pembelian : konsumen melakukan pembelian produk
c.       setelah pembelian : konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.

8.      Alasan Konsumen perlu mengetahui hak-haknya secara jelas sehingga apabila terjadi ketidaksesuaian yang dirasakan pada tiga fase tersebut
Jawab:
konsumen akan dapat mengidentifikasi letak ketidaksesuaiannya, di mana karena sumber permasalahan dapat berasal dari kecerobohan konsumen itu sendiri. Perkembangan teknologi informasi dan era perdagangan bebas memunculkan masalah konsumerisme baru yang harus diwaspadai oleh berbagai pihak sehingga dapat mencegah dampak yang merusak bagi konsumen.

9.      Apa hubungan era globalisasi dan perubahan perilaku konsumen
Jawab:
Teknologi informasi juga mempengaruhi pelaku bisnis dalam hal penyebaran informasi dan melakukan komunikasi dengan konsumen. Pada saat seorang konsumen mengambil keputusan pembelian, mereka juga mempertimbangkan negara asal dari merek sebagai bahan evaluasi. Konsumen memiliki sikap, preferensi, dan persepsi tertentu terhadap produk atau jasa yang dihasilkan suatu negara. Efek negara asal ini mempengaruhi bagaimana konsumen menilai kualitas dan pilihan mereka terhadap produk yang akan dikonsumsi.

10.  Sebutkan perilaku konsumen individu dalam pemilihan merk
Jawab:
a.       Kebutuhan konsumen
Persepsi atas karakteristik merek
Sikap kearah pilihan
b.      Pengaruh Lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar