1. Sebutkan
contoh perilaku konsumen diera 2000?
Jawab:
Konsumen yang membeli barangnya melalui
internet atau online shop, konsumen melihat barangnya melalui gambar yang
tersedia websitenya ataupun di facebook twitter dengan memberikan informasi
barang tersebut mulai dari harga, kualitas, kegunaan, dan lain-lain.
2. Sebutkan
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli di era 2000?
Jawab:
a. Kebudayaan
b. Kelas social
c. Kelompok referensi kecil
d. Keluarga lingkungan inti
e. Pengalaman
f. Kepribadian
g. Sikap dan kepercayaan
h. Konsep diri
3. Di
era modern saat ini perilaku konsumen sangat kompleks dalam membeli barang
adalah…
Jawab:
Membeli berdasarkan kebutuhan dan
membeli bukan berdasarkan kebutuhan.
4. Sebutkan macam-macam situasi
pembelian
Jawab:
a. Perilaku Responsi Rutin
b. Penyelesaian Masalah Terbatas
c. Penyelesaian Masalah Ekstensif
5. Keputusan perilaku konsumen mengambil
keputusan tentang merk mana yang akan dibeli. Setiap merk memiliki
perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui
bagaimana konsumen memilih sebuah merk. Disebut…
Jawab:
Keputusan tentang merk
6. Alasan perilaku konsumen di era
globalisasi terhadap pembelian barang terhadap online shop
Jawab:
Karena memberikan informasi barang
tersebut mulai dari harga, kualitas, kegunaan, dan lain-lain.
7. Jelaskan tahap
ketika konsumen mengambil keputusan apakah membeli atau tidak
Jawab:
a. tahap sebelum pembelian : konsumen
melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa
b. pembelian : konsumen melakukan
pembelian produk
c. setelah pembelian : konsumen
melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya
membuang produk setelah digunakan.
8. Alasan Konsumen
perlu mengetahui hak-haknya secara jelas sehingga apabila terjadi
ketidaksesuaian yang dirasakan pada tiga fase tersebut
Jawab:
konsumen akan dapat mengidentifikasi
letak ketidaksesuaiannya, di mana karena sumber permasalahan dapat berasal dari
kecerobohan konsumen itu sendiri. Perkembangan teknologi informasi dan era perdagangan
bebas memunculkan masalah konsumerisme baru yang harus diwaspadai oleh berbagai
pihak sehingga dapat mencegah dampak yang merusak bagi konsumen.
9. Apa hubungan era globalisasi dan
perubahan perilaku konsumen
Jawab:
Teknologi informasi juga mempengaruhi
pelaku bisnis dalam hal penyebaran informasi dan melakukan komunikasi dengan
konsumen. Pada saat seorang konsumen mengambil keputusan pembelian, mereka juga
mempertimbangkan negara asal dari merek sebagai bahan evaluasi. Konsumen
memiliki sikap, preferensi, dan persepsi tertentu terhadap produk atau jasa
yang dihasilkan suatu negara. Efek negara asal ini mempengaruhi bagaimana
konsumen menilai kualitas dan pilihan mereka terhadap produk yang akan
dikonsumsi.
10. Sebutkan perilaku konsumen individu
dalam pemilihan merk
Jawab:
a. Kebutuhan konsumen
Persepsi
atas karakteristik merek
Sikap
kearah pilihan
b. Pengaruh Lingkungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar